Pengelolaan LingkunganPengelolaan LingkunganPengelolaan Lingkungan
(Senin-Jumat | 07.30 – 16.30)
sdall@bpbatam.go.id
Batam Centre, Kota Batam

Instalasi Pengolahan Air Limbah

LINGKUNGAN

Instalasi Pengolahan Air Limbah

MERUPAKAN sebuah struktur yang dirancang untuk membuang limbah biologis dan kimiawi dari air sehingga memungkinkan air tersebut untuk digunakan pada aktivitas yang lain.

Fungsi dari IPAL Mencakup :

Bergantung dari fungsi pengelolaannya. Di kota Batam, Sistem pengelolaan IPAL berfungsi untuk :

Pengolahan air limbah perkotaan, untuk membuang limbah manusia dan limbah rumah tangga lainnya.
Pengolahan air limbah industri, untuk mengolah limbah cair dari aktivitas manufaktur sebuah industri dan komersial, termasuk juga aktivitas pertambangan.

Kapasitas IPAL BP Batam & Armada

  • Kapasitas 20.000 m3/hari
  • Kapasitas 2.850 m3/detik
  • kapasitas 36 m3/hari
  • sebanyak 7 unit
  • sebanyak 25 unit
INSTALASI PENGOLAHAN AIR LIMBAH

Batam Sewerage System

BADAN Pengusahaan (BP) Batam saat ini terus menggesa pengerjaan proyek Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) atau Waste Water Treatment Plant (WWTP).

Manfaat Pembangunan IPAL ini sebagai bentuk pengamanan waduk dari limbah domestik, penataan sanitasi dan penyehatan lingkungan, serta peningkatan derajat kesehatan masyarakat Batam.

Selain itu, pembangunan IPAL di Batam akan menjadi sumber air baku baru yang akan menyokong pasokan air baku bagi Batam, selain dari waduk tadah hujan. Proyek IPAL untuk tahap pertama adalah area Batam Center.

 

Air merupakan kebutuhan vital yang sangat penting bagi kehidupan. Batam yang tidak memiliki sumber air dari tanah, akan sangat terbantu dengan manajemen pengelolaan air limbah terbarukan yang ramah lingkungan demi tercukupinya kebutuhan air bagi Batam.

Setelah Batam Center, nantinya proyek pengerjaan IPAL akan dilakukan di 6 titik daerah lanjutan, yakni di perairan Tanjung Uma, Bengkong, Telaga Punggur, Tembesi, Sekupang, dan Kabil.

BP Batam telah membangun WWTP di Bengkong Sadai dengan kapasitas 20 ribu meter kubik per hari atau setara dengan 230 liter per detik. 5 stasiun pompa disiapkan untuk memompa limbah domestik ke WWTP. Sistem ini tersambung ke rumah-rumah warga.

Proses recycling di WWTP akan menghasilkan kompos 18 meter kubik per hari dan juga menghasilkan recycling air bersih yang akan dimanfaatkan kembali untuk kebutuhan industri.

INSTALASI PENGOLAHAN AIR LIMBAH

MASTERPLAN OF BATAM SEWERAGE SYSTEM

DATA TEKNIS

A. WWTP/ IPAL

  • 20.000 m3/ hari
  • 8 m3 kompos/ hari
  • 8 unit
  • 114,3 km
  • 11.000 rumah
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

At vero eos et accusamus et iusto odio digni goikussimos ducimus qui to bonfo blanditiis praese. Ntium voluum deleniti atque.

Melbourne, Australia
(Sat - Thursday)
(10am - 05 pm)
id_ID