Pengelolaan LingkunganPengelolaan LingkunganPengelolaan Lingkungan
(Senin-Jumat | 07.30 – 16.30)
sdall@bpbatam.go.id
Batam Centre, Kota Batam
Lingkungan

Mengelola Limbah,
Mengamankan Lingkungan

PENGELOLAAN Lingkungan merupakan bagian tugas dari Sumber Daya Air dan Lingkungan (SDALL) berdasarkan peraturan Kepala Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam Nomor 20 Tahun 2019 tentang Organisasi dan Tata Lingkungan Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam.

Unit Usaha SDALL melaksanakan pengolahan limbah domestik dan limbah bahan berbahaya dan beracun atau Limbah B3 yang berfungsi untuk melakukan pengelolaan terhadap limbah domestik dan pengelolaan limbah industri B3 di KPLI-B3 Kabil. Selain itu juga mempunyai tugas dalam pengelolaan dan pengendalian limbah domestik dan limbah B3.

WWTP3

Pengelolaan Limbah Domestik

INSTALASI Pengolahan Air Limbah (IPAL) yang dibangun Badan Pengusahaan (BP) Batam mampu menampung air limbah sebanyak 230 liter per detik.

Sejak tahun 1995, BP Batam telah memiliki instalasi pengolahan limbah domestik dengan kapasitas 2.850 m3/detik. Saat ini sudah semakin ditingkatkan  dengan beroperasinya IPAL Sewerage Bengkong (selesai dibangun tahun 2020) berkapasitas 20.000 m3/hari.

Pengelolaan limbah domestik juga didukung Armada (truk tinja) BP Batam sebanyak 7 unit.

Pengelolaan Limbah B3

SEBAGAI sebuah wilayah yang tumbuh sebagai kota Industri, Batam juga tak lepas dari dampak limbah industri yang tergolong dalam Bahan Berbahaya dan Beracun (B3).

Untuk tetap menjamin kawasan yang kondusif untuk investasi, BP Batam juga mengelola Kawasan Pengelolaan Limbah Industri Bahan Berbahaya dan Beracun (KPLI-B3) yang berlokasi di wilayah Kabil.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

At vero eos et accusamus et iusto odio digni goikussimos ducimus qui to bonfo blanditiis praese. Ntium voluum deleniti atque.

Melbourne, Australia
(Sat - Thursday)
(10am - 05 pm)
id_ID